FUNGSI PEMASARAN
PEMASARAN
Pelaksanaan dari kegiatan dunia
usaha yang mengarahkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Manajemen Pemasaran
Perencanaan, pelaksanaan dan
pengendalian yang dirancang untuk menciptakan,membentuk dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk
mencapai tujuan organisasionalnya.
Konsep Pemasaran
Falsafah bisnis yang menyatakan
bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan social bagi
kelangsungan hidup perusahaan :
- Orientasi pelanggan : semua kegiatan diarahkan pada konsumen
- Orientasi laba : semua kegiatan diarahkan pada keuntungan perusahaan
- Koordinasi dan integrasi dari kegiatan – kegiatan pemasaran
Dilakukan dengan cara memupuk kerja
sama dan menghindari pertentangan agar mudah dilakukan koordinasi
PASAR :
- Tempat atau daerah yang didalamnya terdapat kekuatan –kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk menentukan harga.
- Orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemampuan untuk membelanjakannya
Factor yang menunjang dalam
pengertian pasar tersebut :
- Orang – orang dengan segala keinginannya
- Daya beli mereka
- Kemampuan untuk membelanjakannya
Memilih pasar yang dituju / target
market :
- Undefferentiated marketing
Perusahaan mencoba mengenbangkan
produk yang tunggal untuk memenuhi keinginan orang banyak ( satu macam ) produk dipasarkan pada semua
orang .
Contoh : air mineral
- Defferentiated marketing
Perusahaan mencoba mengidentifikasi
kelompok pembeli tertentu / segmen pasar dan membagi pasar kedalam dua kelompok
atau lebih dan pada tiap kelompok pembeli ditawarkan jenis produk yang berbeda
- Memilih kelompok yang dilayani
- Merencanakan
produk yang dapat memberikan kepuasan pada kelompok tersebut.
Misalnya : perusahaan susu
- Concentrated marketing
Perusahaan hanya menusatkan usaha
pemasaram pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja ( yang paling
menguntungkan )
SEGMENTASI PASAR
Kegiatan membagi – bagi pasar yang
bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satu satuan pasar / segmen pasar
yang bersifat homogen.
Manfaat segmentasi pasar :
- Menyalurkan barang ke pasar potensial yang paling menguntungkan
- Merencanakan produk yang memenuhi permintaan pasar
- Menentukan promosi yang paling efektif bagi perusahaan.
MARKETING MIX
Kombinasi dari empat kegiatan yang
merupakan inti dari sitem pemasaran perusahaan yaitu :
1. Produk
/ Product
2. Harga
/ Price
3. Promosi
/ Promotion
4. Distribusi
/ place
I.
Produk / Product
Suatu sifat yang komplek baik yang
dapat diraba maupun yang tidak dapat termasuk bungkus, warna, harga, prestise
perusahaan, pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer yang diterima oleh
pembeli untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.
Jenis – jenis barang
- Menurut
kecepatan konsumsi :
Barang tahan lama / durable goods Barang ini secara normal dapat digunakan berkali – kali untuk jangka waktu yang relative lama.
Contoh : pesawat radio, televise, meja tulis - Barang tida tahan lama / non durable goods
- Barang yang secara normal hanya dapat dipakai dalam satu atau beberapa kali pemakaian Contoh : sabun, makanan, minuman, rokok
- Menurut tujuan pemakaian :
- Barang
convenien / convenience goods
Barang yang mudah dipakai, dapat dibeli hampir disemua tempat pada setiap waktu.
Missal : sabun, gula, rokok, makanan - Barang
took / shopping goods
Dalam melakukan pembelian jenis barang ini, konsumen lebih mempertimbangkan secara masak mengenai kualitas, harga, merk, harga barang ini relative lebih mahal dibandingkan dengan convinien goods.
Missal : televise, radio, mesin cuci - Barang
special / speciality goods
Barang yang spesifik, mempunyai cirri khas tersendiri dan hanya dapat dibeli pada suatu tempat tertentu saja, pengorbanannya tinggi atau melakukan usaha dalam melakukan pembeliannya, harga barang relative mahal dan frekwensi pembeliannya rendah.
Missal : perhiasan, benda – benda kuno, lukisan - Barang
industri :
Bahan baku Bahan utama yang membuat produk lain
Missal : kapas untuk pabrik tekstil - Komponen dan barang setengah jadiBarang ini merupakan komponen – komponen yang diperlukan untuk melengkapi produk akhir Missal : suku cadang untuk mobil
- Perlengkapan operasi
Barang – barang yang menbantu kelancaran proses produksi atau kegiatan perusahaan lain
Missal : minyak pelumas - Instalasi
Alat produksi utama bagi suatu perusahaanyang dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama Missal : mesin tenun untuk perusahaan tekstil - Alat Bantu lainnya
Alat – alat yang digunakan untuk menunjang jalanya proses produksi
Missal : traktor kecil, truk kecil, gerobak.
Keterangan gambar:
- Tahap Perkenalan
a. Volume
penjualan rendah
b. Promosi
agresif
c.
Laba rendah
- Tahap pertumbuhan
a. Volume
penjualan meningkat
b. Promosi
tidak agresif
c.
Pesaing memasuki pasar
d. Laba
meningkat
- Tahap kedewasaan
a. Volume
penjualan relative meningkat kemudian relative tetap kemudian cenderung turun
b. Laba
menurun
c.
Persaingan sangat ketat
- Tahap kemunduran
a. Volume
penjualan semakin menurun
b. Laba
menurun
c.
Pasar yang dikuasai semakin sempit
d. Kemungkinan
rugi
II.
Harga / Price
Sejumlah uang diubah menjadi
beberapa barang kalau mungkin dibutuhkan
Tujuan penetapan harga :
- Mendapatkan laba maksimum
- Mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan
- Mencegah / mengurangi persaingan
Prosedur penetapan harga
- Menginvestasikan permintaan untuk barang tersebut
- Mengetahui terlebih dahulu reaqksi yang dapat diharapkan
- Menentukan market share yang dapat diharapkan
- Memilih stratrgi harga untuk mencapai target maksimum
- Mempertimbangkan politik pemasaran tertentu
f. Memilih
harga tertentu
Penentuan harga berhubungan dengan
pasar
a. Penentuan
harga sama dengan harga pesaing
b. Penentuan
harga lebih rendah dengan harga pesaing
c. Penentuan
harga lebih tinggi dari harga pesaing
III.
Promosi / Promotion
Arus informasi atau persuasi satu
arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan
yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Promotion MIX
Kombinasi dari strategi yang paling
baik dari variable – variable periklanan, personal selling, dan alat promosi
lainnya yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan
A. Periklanan
/advertising
Komunikasi non individual dengan
sejumlah biaya melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan lembaga
non laba serta individu – individu.
Tujuan Periklanan /advertising
- Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi lainnya
- Mencapai orang – orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman
- Mengadakn hubungan dengan para penyalur
- Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru
- Memperkenalkan produk baru
- Mencegah timbulnya barang tiruan
Jenis – jenis periklanan
- Periklanan Produk /product advertising
- Primary
demand advertising
Mendorong permintaan satu jenis barang secara keseluruhan tanpa menyebutkan merk / nama produsennya - Selective
demand advertising
Mendorong permintaan satu jenis produk secara keseluruhan dengan menyebutkan merk / nama produsennya. - Institutional advertising/ periklanan kelembagaanDilakukan untuk menimbulkan rasa simpati terhadap penjual dan ditunjukan untuk menciptakan good mix kepada perusahaan.
Media
periklanan
Surat
kabar - Televise
- Radio
- Majalah
- Pos langsung
Interaksi antara individu, saling
bertemu muka yang dijadikan tujuan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai
atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak
lain.
Metode personal selling :
- Persiapan sebelum penjualan
- Penentuan lokasi pembeli potensial
- Pendekatan pendahuluan
- Melakukan penjualan
- Kegiatan sesudah penjualan
- Promosi Penjualan ( Sales Promotion )
Mempunyai sifat yang komunikatif
serta mengundang konsumen untuk membeli pada saat itu juga, tanggapannya lebih
kuat dan lebih cepat
Missal : Pameran, Demonstrasi,
pertunjukan, peragaan
Publisitas (
Publicity )
Dapat menimbulkan kepercayaan yang
tinggi, memberikan pesan yang lebih bersifat berita sehingga menciptakan
hubungan yang menguntungkan antara perusahaan dengan masyarakat.
IV.
DISTRIBUSI / PLACE
Saluran yang digunakan oleh produsen
untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen ke konsumen.
Saluran distribusi barang konsumsi :
1. ZERO
LEVEL CHANEL
2. ONE LEVEL CHANEL
3. TWO
LEVEL CHANEL
4. THREE LEVEL CAHANEL
5.
Perbedaan antara agen dan pedagang
besar
Agen :
Tidak
mempunyai hak milik atas barang yang diperdagangkan.
Pedagang besar
Mempunyai
hak milik atas barang yang diperdagangkan
Perantara saluran :
- Pedagang besar
- Pengecer
- Agen penjualan, agen pembelian
Alternative jumlah perantara dalam
saluran
- Distribusi Intensive
Penyalur digunakan sebanyak mungkin
di daerah pemasaran
- Distribusi selektif
Penyalur digunakan terbatas di
daerah geografi tertentu
- Distribusi eksclisive
Penyalur hanya digunakan didaerah
pemasaran.
No comments:
Post a Comment