Pemasaran Langsung
Adalah penggunaan saluran langsung konsumen untuk
menjangkau dan mengirimkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa perantara
pemasaran.
Saluran
yang dapat digunakan :
- Surat langsung
- Pemasaran katalog
- Telemarketing
- TV interaktif
- Kios
- Situs Web
- Peralatan Bergerak (Mobile)
Contoh:
Land’s End berhasil sebagai produsen pakaian di internet, terutama karena
menampilkan model 3D virtual yang memungkinkan pelanggan “mencoba” pakaian
sebelum memesan.
Manfaat Pemasaran Langsung
- Dapat menjangkau calon pelanggan pada saat yang tepat dan dibaca oleh calon pelanggan yang memiliki prospek
- Memungkinkan pemasar menguji media dan pesan alternatif untuk menemukan pendekatan yang paling efektif dari segi biaya
- Membuat penawaran dan strategi pemasar kurang dapat dilihat pesaing
- Dapat mengukur respons terhadap kampanye
Surat Langsung
Surat langsung merupakan media yang terkenal karena memungkinkan
selektivitas pasar sasaran, dapat disesuaikan dengan konsumen yang dituju,
fleksibel, dan memungkinkan pengujian dini dan pengukuran respons.
Salah satu pengguna terbesar
surat langsung adalah industri jasa keuangan.
Contoh:
Kodak‘s Creative
Network menggunakan surat langsung melalui cetakan
variabel digital yang menunjukkan tiga versi kartu bisnis
Tujuan
v Menghasilkan petunjuk dari calon pelanggan
v Memperkuat hubungan pelanggan
v Menginformasikan dan mendidik pelanggan
v Mengingatkan pelanggan tentang penawaran
v Memperkuat keputusan pembelian pelanggan terbaru
Pasar Sasaran dan Prospek
Pemasar dapat mengidentifikasi
calon pelanggan antara lain berdasarkan:
v Usia
v Jenis kelamin
v Penghasilan
v Pendidikan
v Pembelian surat pesanan sebelumnya
v Kejadian
Elemen Penawaran
Strategi penawaran memiliki
lima elemen, antara lain:
- Produk
- Penawaran
- Media
- Metode Distribusi
- Strategi Kreatif
Elemen Penawaran
Sementara
untuk pemasar surat langsung, harus dipilih lima komponen surat, yang mencakup:
- Amplop luar
- Surat penjualan
- Pamflet
- Formulir jawaban
- Amplop Penjualan
Menguji Elemen
Salah satu keunggulan besar
pemasaran langsung adalah kemampuan menguji berbagai elemen strategi penawaran,
seperti: Produk, fitur produk,
kerangka dasar tulisan, jenis jasa pengirim surat, amplop, harga, atau daftar
alamat surat.
Contoh:
The
Phoenician, resor mewah di
Arizona mengalami peningkatan pelanggan sebesar 21% akibat peningkatan
anggaran untuk saluran langsung dan kontak telepon ke dalam.
Mengukur Keberhasilan Kampanye: Nilai Seumur Hidup
Dengan menambahkan biaya
kampanye yang direncanakan, pemasar langsung dapat menentukan tingkat respons
titik impas yang dibutuhkan. Tingkat ini harus merupakan hasil bersih barang
yang dikembalikan dan piutang tak tertagih.
Pemasaran Katalog
Dalam pemasaran katalog,
perusahaan dapat mengirimkan katalog bisnis lini penuh, katalog konsumen
khusus, dan katalog bisnis, yakni dapat dalam bentuk:
v katalog cetak,
v CD
v video
v online
Contoh:
Black Box, perusahaan layanan teknis terbesar di dunia untuk
mendisain, membangun, dan merawat sistem infrastruktur data dan suara,
memperoleh penghargaan Catalog of The Year pada Annual
Conference for Catalog and Multichannel Merchants selama 3 kali
berturut-turut
Telemarketing
Adalah penggunaan telepon
dan pusat panggilan (call center) untuk menarik prospek, menjual kepada
pelanggan yang telah ada dan menyediakan layanan dengan mengambil pesanan dan
menjawab pertanyaan melalui telepon.
Perusahaan menggunakan telemarketing untuk:
v Telemarketing ke dalam: menerima telepon dari pelanggan
v Telemarketing ke luar: memulai telepon ke prospek dan pelanggan
Contoh:
Raleigh
Bicycles menggunakan
telemarketing yang mengurangi 50% tenaga penjualan dan meningkatkan 34%
penjualan dalam satu kuartal.
Pemasaran Interaktif
Saluran elektronik seperti
internet adalah saluran terbaru untuk berkomunikasi dan menjual secara langsung
ke pelanggan.Internet menyediakan peluang kepada pemasar dan konsumen untuk
interaksi dan individualisasi yang jauh lebih besar.
Keunggulan dan Kelemahan
Keunggulan antara lain:
v Perusahaan dapat mengirimkan pesan khusus yang
melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka
v Web menawarkan keunggulan penempatan kontekstual dan
membeli iklan di situs yang berhubungan dengan penawaran pemasar
Kelemahan antara lain:
v Pengiklan kehilangan kendali atas apa yang ingin
dilakukan konsumen dengan pesan online dan kegiatan mereka.
Situs Web
Dikatakan efektif apabila
memiliki elemen:
v Konteks (context)
v Konten (content)
v Komunitas (community)
v Penyesuaian (customization)
v Komunikasi
(communication)
v Koneksi (connection)
v Perdagangan (commerce)
Situs Mikro
v Adalah daerah terbatas di Web yang dikelola dan
dibayar oleh pengiklan/perusahaan luar.
v Situs mikro merupakan laman Web individual atau
kumpulan laman yang berfungsi sebagai suplemen situs utama dan cocok bagi
perusahaan yang menjual produk dengan minat rendah
Iklan Pencari
Terdiri
atas:
v Iklan pencarian berbayar (paid-search)
v Iklan berbayar per-klik (pay-per-click)
Di mana pengiklan hanya membayar jika ada yang
‘mengklik’ link tersebut. Biaya per-klik tergantung pada seberapa tinggi
peringkat link itu dan popularitas kata kunci.
Iklan Tampilan
Terdiri
atas:
v Iklan pencarian berbayar (paid-search)
v Iklan berbayar per-klik (pay-per-click)
Di mana pengiklan hanya membayar jika ada yang
‘mengklik’ link tersebut. Biaya per-klik tergantung pada seberapa tinggi
peringkat link itu dan popularitas kata kunci.
Pemasaran Mobile
Contoh:
Perusahaan angkutan Jepang, NTT DoCoMo Inc.,
mulai memasang iklan di situs Web mobile pada tahun 2000 dan menampilkan
1,5 milyar iklan pada tahun 2006.
Berita dari Mulut ke Mulut
Aspek kunci jaringan sosial
adalah berita dari mulut ke mulut (word of mouth) serta
jumlah dan sifat percakapan dan komunikasi antara berbagai pihak. Metode ini sangat
efektif untukbisnis kecil yang di dalamnya pelanggan dapat merasakan hubungan
yang lebih pribadi.
Contoh:
Produk seperti Hush
Puppies dan donat Krispy Kreme yang sukses, dibangun
melalui berita dari mulut ke mulut yang kuat.
Pemasaran Buzz dan Viral
Pemasaran buzz (gosip
dan perbincangan)
menghasilkan ketertarikan, menciptakan publisitas, dan mengekspresikan
informasi relevan baru yang berhubungan dengan merk melalui sarana tak terduga
atau bahkan mengejutkan
Pemasaran viral
(menular seperti virus) adalah
“berita dari satu klik mouse ke klik berikutnya” yang mendorong konsumen
menceritakan produk dan jasa secara online
Contoh:
Blendtec, produsen
blender, memperoleh ketenaran luar biasa setelah meluncurkan seri video online
berjudul “Will it blend” yangmenggambarkan bagaimana alat tersebut
menghancurkan apa saja, termasuk iPhone.
Pemimpin Opini
Tiga jenis orang yang berhasil memicu minat masyarakat
tentang sebuah ide adalah:
- Maven, yaitu orang yang mengerti tentang hal besar dan kecil
- Penghubung, yaitu orang yang tahu dan berkomunikasi dengan banyak orang lain
- Wiraniaga, yaitu orang yang memiliki kekuatan alami
Contoh:
Sony Ericsson mempekerjakan aktor yang berpakaian seperti turis
untuk meminta pengunjung lokasi wisata memfoto dirinya menggunakan kamera
telepon mobile T681 yang baru diluncurkan.
Blog
Blog, jurnal atau buku harian online yang diperbaharui
secara teratur menjadi gerai penting bagi berita dari mulut ke mulut.Salah satu
daya tarik blog yang jelas adalah menyatukan orang dengan minat yang
sama.Sebagian konsumen menggunakan blog dan video sebagai sarana
retribusi dan balas dendam terhadap perusahaan atas jasa layanan yang buruk dan
produk yang gagal.
Contoh:
blog gosip selebriti online PopSugar menelurkan kelompok blog ceria tentang
mode (FabSugar), kebugaran (FitSugar), dan humor (GiggleSugar).
Hal Yang Harus Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan oleh Berita dari Mulut ke Mulut
- “Membayar” dengan umpan balik
- Memaksakan untuk terbuka pada peserta berita
- Menuntut Kejujuran
- Membantu pelanggan menceritakan kisah
- Jangan menggunakan skenario
- Jangan merencanakan
- Jangan Menjual
- Jangan Mengabaikan
Mengukur Efek Berita dari Mulut Ke Mulut
Terdapat
berbagai cara untuk mengukur efektivitas berita dari mulut ke mulut, antara
lain:
v
Skala kampanye (jangkauan
kampanye)
v
Kecepatan kampanye
menyebar
v
Pangsa suara di ruang
tersebut
v
Pangsa suara dalam
kecepatan tersebut
v
Relevansi pesan
v
Kemampuan bertahan pesan
v
Seberapa jauh pesan
bergerak dari sumbernya
Merancang Tenaga Penjualan
Istilah
perwakilan penjualan mencakup enam posisi, yakni:
v
Pengirim (deliverer)
v
Pengambil pesanan (order
taker)
v
Misionaris (missionary)
v
Teknisi (technician)
v
Penciptaan permintaan (demand
creator)
v
Penyedia solusi (solution
vendor)
Langkah-langkah merancang tenaga penjualan:
- Merancang tujuan tenaga penjualan
- Merancang strategi tenaga penjualan
- Merancang struktur tenaga penjualan
- Merancang ukuran tenaga penjualan
- Merancang kompensasi tenaga penjualan
Apakah anda saat ini sering melakukan promosi, namun mirisnya tidak ada yang membeli satupun, padahal sudah mengeluarkan modal yang banyak, dan yang ruginya lagi anda tidak balik modal. Jangan biarkan ini terjadi kalau mindset anda ingin sukses.
ReplyDeleteTapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, sekarang anda bisa tahu kesalahan promosi dan solusinya agar lebih 7 kali liapt untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak, DIJAMIN, kalau penasaran KLIK SEKARANG DISINI